Unsur Dinamis Pembelajaran
Ciri-ciri pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya guru mengatur unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran. Sehingga dengan mengatur unsur-unsur dinamis pembelajaran tersebut, mempermudah guru dalam mewujudkan proses belajar mengajar yang kondusif.1. Motivasi belajar
Motivasi belajar dapat dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi belajar tertentu. Sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu dan bila tidak suka, maka akan berusaha untuk mengelakkan perasaan tidak suka tersebut.Motivasi dapat dirangsang oleh faktor luar, tetapi motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang. Dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat merangsang motivasi siswa melalui cara mengajar yang unik sesuai dengan kondisi pembelajaran yang ingin diciptakan guru.
2. Bahan belajar
Bahan pengajaran merupakan segala informasi yang berupa fakta, prinsip dan konsep yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bahan belajar merupakan isi dalam pembelajaran. Bahan atau meteri belajar perlu berorientasi pada tujuan yang akan dicapai siswa dan memperhatikan karakteristik siswa.Perlunya perhatian terhadap karakter siswa karena, bahan yang sesuai dengan karakteristik tersebut dapat merangsang daya cipta. Sehingga yang disampaikan pun menantang dan mampu mendorong siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran.
3. Alat bantu belajar
Alat bantu pembelajaran adalah semua alat yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud menyampaikan pesan dari guru kepada siswa agar lebih efektf.Apabila pengajaran disampaikan dengan bantuan alat-alat yang menarik, maka siswa akan merasa senang dan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Ini pun bisa dilakukan jika hanya pendidik memiliki pemahaman akan gaya belajar anak didiknya.
4. Suasana belajar
Suasanaa belajar sangat penting dan akan berdampak terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Suasana belajar akan berjalan dengan baik, apabila terjadi komunikasi dua arah yaitu antara guru dengan siswa.Komunikasi dua arah diperlukan, guna menemukan apa-apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Dengan diketahui kelebihan dan kekurangan tersebut, maka guru dapat menyesuaikan materi dengan tingkat berfikir dengan siswa sehingga turut memberikan dampak terhadap kondisifitas suatu pembelajaran.
5. Kondisi siswa yang belajar
Siswa atau anak memiliki sifat unik yang berbeda, tetapi juga memiliki kesamaan yaitu memiliki langkah-langkah perkembangan dan memiliki potensi yang perlu diaktualisasi melalui pembelajaran. Untuk itu, kegiatan mendidik lebih mengedepankan dominasi siswa dari pada pendidik. Guru dalam hal ini harus berperan sebagai fasilitator, motivator, dan sebagai pembimbing.