Apa sih pentingnya fungsi manajemen, mungkin sebagian orang merasa judul tersebut aneh. Ya, bagi orang yang telah malang melintang di dunia permanajemenan tentu tidak asing dengan istilah tersebut, bahkan terlihat aneh jika ada orang yang mempertanyakan penting tidaknya fungsi manajemen.
Tapi bagi orang awam yang baru belajar tentang manajemen seperti saya, tentu itu menjadi tanda Tanya besar buat saya.
Pentingnya Fungsi Manajemen
Mengenai Hubungan antar fungsi, dapat dibaca di artikel yang berjudul beberapa fungsi manajemen. Adapun pentingnya fungsi-fungsi dalam manajemen antara lain, berikut ini uraian singkatnya:1. Apa sih Pentingnya Perencanaan
Bekerja tanpa rencana ibarat melamun sepanjang masa. Akibatnya tentu bisa ditebak, hasil tidak menentu dan biaya yang dikeluarkan tidak terkontrol. Dengan adanya rencana, setiap langkah dapat diukur dan dapat dibandingkan dengan hasil yang seharusnya dicapai.Secara singkat perencanaan adalah proses untuk mempersiapkan serangkaian kegiatan yang diarahkan agar tujuan tercapai. Adapun rangkaian kegiatan yang dipersiapkan dalam perencanaan meliputi apa dan kapan dilaksanakan, siapa yang mengerjakan, dimana dan bagaimana kegiatan dilaksanakan.
2. Apa sih Pentingnya Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan usaha untuk mewujudkan kerjasama. Dengan adanya pengorganisasian maka diketahui batas-batas antar bidang satu dengan yang lain. Sehingga tiap bidang mengetahui wewenang dan kewajibanya masing-masing.Setelah tau apa saja yang menjadi wewenang dan kewajibanya, maka dapat diketahui juga hubungan antar bidang baik secara hubungan vertical atau horizontal maupun hubungan structural atau fungsional.
3. Apa sih Pentingnya Pengkoordinasian
Pengkoordinasian merupakan usaha yang dilakukan oleh pimpinan untuk mengatur, menyatukan, menyelaraskan semua kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya. Kegiatan ini perlu dilakukan oleh pimpinan agar tidak terdapat kesimpang siuran kegiatan baik dalam bentuk, arah dan waktu pelaksanaan kerja.4. Apa sih Pentingnya Pengawasan
Agar pimpinan bisa memantau semua hal berkaitan dengan pelaksanaan kerja, maka pengawasan mutlak perlu dilakukan. Dengan adanya pengawasan, maka pimpinan bisa mengetahui tingkat ketercapaian tujuan guna menghindari terjadinya penyelewengan.Sehingga dapat diketahui apakah strategi, metode atau teknik yang telah di tetapkan dalam perencanaan itu cocok dengan harapan pencapaian tujuan.